MENU

by • August 25, 2016 • catatan PerjalanComments (0)449

#BawaBekal : Saat Pagi Dimulai Dengan Gembira

Bongkarin hape dan lihat stok foto akhirnya jatuh kepada cukup oke nih kalo saya nulis tentang bawa bekal ke kantor dari rumah. Sambil diiringi playlist lagu di Spotify mendengarkan nada dan syair lagu Efek Rumah Kaca bikin agak gimana gitu, entah nyambung atau tidak.

Waktu di Jakarta 5 Tahun lalu, sarapan adalah hal yang mahfum dilakukan di warung langganan dekat kantor, meski ngga jauh dari indomie rebus atau bubur ayam plus alternatif andalan adalah gorengan yang bisa kita tenteng sambil naik motor, kereta atau bis. Sedemikian fleksibelnya gorengan dengan kantong kertas yang saya yakin masih banyak lho setiap pagi OOTD mereka pasti bawa begituan.

Sekarang di Lima tahun kedua perjalanan karir di pekanbaru, sayap pun harus beradaptasi masuk kerja jam 07:00 WIB, secara matahari disini tenggelam juga suka terlambat jadi jam segitu sebenarnya sih masih gelap tapi itu pula pembedanya. Menu sarapan yang mahfum ada disini adalah Lontong Sayur,Lontong Gulai Paku, Nasi Goreng atau Mie Rebus. Nah, saya kasih tahu sedikit dari hasil jepretan ( kalo lagi inget) edisi bawa bekal dari rumah ke kantor, GENGSI? wah ngga ada cerita gengsi kalo dipekanbaru mah masalah bekal untuk sarapan/ brunch atau makan siang karena disini mahfum terlihat kok bawa tentengan ala merk tupperware. Jangan kaget ya kalo nemuin pemandangan seperti itu, tandanya mereka memang senang masakan rumah.

Oke mari kita mulai untuk ngelihat apa saja sih menu yang saya bawa untuk bekal ke kantor :

  • Mie Goreng + Nasi + Telor Ceplok

IMG_6002[1]Kalo untuk menu begini pasti langsung cemeeh, halan ini mah standard. Emang standard banget kok bikinya dan mudah, nih dikasih tahu cara masaknya :

  • Bahan :

– Indomie Goreng, Telor, Timun,cabe Rawit,Tomat, Kol atau sawi

  • Cara Memasak :
    – Pastikan Nasi ada di magic com, dan kalo mastikan itu sebelum tidur semalam jadi ngga marah-marah kalo nasi habis belum masak.
    – Rebus Indomie seperti biasa jangan kematengan ya ntar lembek.
    – Siapin bawang, Potong kol, timun dan tomat( kalo bisa cari di kulkas yang udah tinggal dikit aja biar istri ngga ngomel belanjaan ludes).
    – Setelah mateng Indomie langsung tiriskan dan pasang deh wajan ( penggorengan), tinggal tumis tuh bawang ( mau dikeprek, ulek, rajang silahkan sesuai selera) dengan minyak sedikit dan api kecil. Masukin sayur kol sama sawi sebentar aja setelah mulai layu langsung masukin tuh Indomie aduk dan masukin bumbu indomie. yang suka pedes boleh tambahin gilingan cabe, aduk sampe rata dan cicipin biar kerasa. Kurang gula garam sesuaikan aja.
    – Selesai sudah matang semuanya.
  • Tips Multitasking Dan Penyajian:
    – Nah kalo udah penyajian siapin aja tuh Tempat Bekalnya, kalo diatas ada 3 compartment jadinya udah jelas kalo yang sayur ditaruh sendiri dan cabe. Karena kita pake nasi, jadi jangan semua indomie dimasukin juga kalo untuk sarapan, namanya kelaperan. Kalo saya, biasanya sisakan separuh untuk istri dan nasi cukup satu sendok nasi.
    – Hal itu semua dilakukan pas bangun jam 6 pagi, sambil manasin air masuk kamar mandi langsung mandi. Air mendidih, keluar dari kamar mandi, masukin Indomie pake api kecil. Nungguin masak bisa ganti baju dunk, dan balik ke dapur motongin tuh KOL, Tomat ama timun. Paling lama sih 20 Menit masakan itu bisa tersaji pake kompor dua tungku.
    – Kalo para suami pengen praktis sih benernya sim salabim minta istri aja masakin jadi bisa agak molor bangunya, tapi saya sama istri sih emang kalo lagi pengen yang masak aja sendiri toh simple, karena masakan saya sih meskipun indomie kata istri saya lebih enak dari buatan dia (SOMBONG).
    – Bagaimanapun Olahan Indomie anggap aja jadi menu dasar yang bisa kita kombinasi dengan lauk sisa semalam yang diangetin, tambahin nasi dikit ( nah kalo saya sih pokoknya makanan sisanya semalam harus dimaksimalin biar tidak terbuang).
Aneka_Mie

Pendamping makanan sisa semalam [ Kering tempe / Ayam bumbu / Rendang, Dll ]

  • Menu Bekal Makanan Semalam | Ganti Mie sama Nasi Goreng

Nah kalo untuk model ini memang cocok untuk kita yang tidak ingin terburu-buru dipagi hari untuk masak, alias tinggal manasin aja deh dan ready. Model seperti ini bisa banget bikin pagi kita lebih semangat karena masih banyak space untuk minum teh/kopi/susu hangat dengan santai sambil manasin kendaraan. Main sama bhumi juga bisa banget nih plus ngobrol santai bareng emak bhumi.

Oiya Menu nasi goreng juga gampang dimasak untuk pengganti mie, kita bisa pake bumbu instan tinggal tuang aja cuma modal nasi sama sayur(kalo pengen). Dan kalopun pengen bikin mah gampang, masukin aja 2 siung bawang putih sama bawang merah, Cabe merah , Gula dan Garam. Pakein saos  (kalo suka) plus sedikit kecap.

Bawa_sendiri

  • Menu Bekal Beli Modal Tempat Makan

LontongNah kalo yang satu ini sih untuk yang memang demen makan di meja kantor atau pantri. Kita tidak usah bingung dengan menu yang penting selalu bawa kotak makan itu di Jok Motor atau ditas.

Kalau dulu saya suka mampir di warteg langganan yang sudah buka dari pagi, kita pasti nemuin lah kalo di jakarta dan saya mampir sodorin itu kotak makan untuk diisi dengan menu yang ingin kita santap pagi itu.

Gambar disamping adalah Lontong Gulai paku yang saya minta dibeliin sama istri di samping rumah dan baru dinikmati di kantor karena gila aja kan bikin lontong sendiri pagi, kalo bisa simple mah simplein aja jangan beratin orang apalagi istri yang setia menunggu dirumah.

Masih gengsi bawa kotak makan ke kantor? kalo masih gengsi ya udah palingan jadi pengunjung tetap warung deket kantor dan ga salah juga sih, yang penting kita semua kerja dalam kondisi aman perut ( kecuali puasa ga usah dibahas disini).

Selalu ada kegembiraan dan keceriaan kalo ada kotak makan yang kita bawa saat berangkat bekerja, karena ada cinta dan semangat pagi yang sudah kita mulai dari pagi menuju tempat memburu rupiah. Jadi Apa isi Kotak Bekal Makananmu?

happy wheels

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *