MENU

by • October 25, 2017 • catatan Perjalan, Opini, Project ManagementComments (0)38

Benefit, Tanyakan Jangan Abaikan!

Ketidaktahuan sering kali membuat kita menyesal dan lebih celakanya lagi pihak yang tahu mengabaikan ketidaktahuan kita. Seorang teman, gembira sekali saat sebelum wisuda sudah mendapatkan panggilan kerja dan menjalani beberapa rangkaian tes sampai akhirnya dinyatakan lulus jelang wisudanya. Sebuah berkah yang luar biasa bagi mahasiswa tentunya, saat ketakutan untuk bersaing masuk dunia kerja menghampiri dibalik tawa lepas dan ceria foto wisuda, Pekerjaan pun digenggaman.

Sekitar 10 Tahun yang lalu seorang kawan ini berangkat ke jakarta dari kampungnya di Jawa dengan penuh optimisme dan semangat membara sambil dia ceritakan beberapa poin yang perlu kita cermati dan ambil pelajaran.

  • Alhamdulillah, saya ketrima kerja bro. Urusan Gaji ga masalah yang penting kerja dan setelah tak hitung aku ga kekurangan dan minimal sudah ngga minta lagi duit dari orang tua.
  • Kerjaanku buanyak banget bro, apa aja tak lakuin lah kan kita butuh pengalaman. Lagian di kampus aku ndak pinter-pinter amat dan skillku kalah jauh dari kalian yang memang hebat. Sing penting kerja bener.

Semangat kawan ini luar biasa sampai dengan 4 atau 5 Tahun lamanya dia bertahan ditempat kerjanya dan memutuskan pergi setelah banyak drama kehidupan yang dialaminya. Sampai akhirnya kesempatan pun bertemu kembali pasca hampir 5 tahun dia meninggalkan perusahaan pertama sebagai kawah candradimuka. Dan ada cerita menarik yang dia berikan tentang “ketidaktahuan” dan “Psikologi seorang pelamar kerja”.

  1. Bro, gue baru tahu kalo ternyata karyawan itu berhak punya asuransi kesehatan dan jamsostek ya? dan Jamsostek itu ternyata semacam tabungan kita juga.
  2. BPJS Kesehatan, Ketenagakerjaan, Pensiun , rupanya itu hak dasar yang harus dimiliki karyawan ya bro? Meskipun kita ada prosentase wajib bayar juga belum lagi Pajak penghasilan.

 

Selama kurang lebih 6 tahun dia bekerja, kawan saya ini tidak mengetahui adanya hak dasar karyawan seperti yang dia ceritakan dan bisa dibayangkan dia kehilangan haknya selama 6 tahun bekerja karena ketidaktahuan dan perusahaan tempatnya bekerja juga tidak menerapkan hal tersebut. Sebuah kombinasi kenahasan yang saya harus menepuk pundaknya untuk menguatkanya akan masa yang telah lalu.

Jadi sahabat, baik pengusaha maupun karyawan. Memberitahukan dan memastikan hak dasar BPJS Ketenagkerjaan, BPJS Kesehatan, Jaminan Pensiun dan Informasi potongan Pajak kiranya sama-sama menjadi basic knowledge untuk disampaikan dan ditanyakan dalam setiap proses recruitment. Karena untuk menghindari adanya ketidaktahuan yang merampas hak dasar karyawan.

Jadi untuk sahabat yang sedang mencari kerja, Pastikan sahabat mengerti makna “GROSS” atau “NET” Offering. Untuk kalian yang sudah berkeluarga, hal ini penting karena berhubungan dengan jumlah “THP” untuk keluargamu. Ingat, Selalu tanyakan dan jangan abaikan apalagi menganggap “Perusahaan pasti tahu lah?”. Karena saling mengingatkan itu baik agar hati nyaman di hari pertama eh apalagi gajian pertama. Karena gejolak akan dimulai pada “Gajian Pertama” saat slip gaji penuh dengan potongan kadang pikiran jernih agak sulit membaca slip gaji tersebut.

Salam Satu Jiwa Untuk Indonesia Lebih Baik

happy wheels

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *