MENU

by • April 25, 2015 • catatan PerjalanComments (0)675

Dermaga Tua Sungai Siak

Pekanbaru tidak bisa dipisahkan dari sungai yang dalam, Sungai Siak. Banyak yang bisa kita eksplorasi dalam sendiri untuk sebuah kontemplasi perjalanan. Kota pekanbaru menyimpan banyak cerita rupanya saat kita eksplorasi dengan roda dua termasuk tempat ini, Dermaga Tua Sungai Siak. IMG_5230Dermaga ini terletak dibelakang pasar bawah, kawasan paling terkenal dengan barang-barang impor malaysia dan pusat oleh-olehs erta tentunya ikan salai sebagai khas masakan dari kota ini.

Aku kenal tempat ini dari temenku yang hobi mancing sore saat dia pulang dari duri ke pekanbaru setiap minggunya. Pada suatu sore ingin berjumpa ngobrol santai dan dia mengarahkan ketempat ini. Tempatnya menyenangkan ketika sore menjelang, saat itu pas banget ada kapal yang sandar menurunkan muatan berton-ton Besi dari balik lambung kapal. Tak jarang pula kita jumpai wajah-wajah para imigran dari timur tengah yang datang kesana bersama keluarganya, dari paras muka pasti kita bisa mengenalinya.

IMG_5228Sore santai waktu itu aku duduk sendiri didermaga sambil melepas penat yang entah karena apa akupun tak tahu yang jelas hari itu ingin sekali aku pake motor muter-muter sambil njepret pake handphone yang masih sehat belum seperti sekarang yang entah sudah sekarat sepertinya apel krowak ini.

Memandang pelan menikmati menunggu adzan maghrib datang menyenangkan, ada yang jualan buah trus Sala Lauak sampai minum juga ada. Kawasan pergudangan pelindo ini memang dekat dengan kawasan yang dilindungi alias konservasi sekitaran senapelan. Di sisi lain sungai siak tepatnya dibawah sebarang kita bisa menyaksikan juga anak-anak kecil yang berani bergelantungan dan terjun berenang disungai dalam ini plus sambil kita pesan kopi dan jagung juga bisa duduk disamping sungai yang kalo pas lagi ngga meluap airnya pasti betah.

Dermaga Tua Sungai Siak punya cerita dan layak dikunjungi kalo kita ke pekanbaru, tanyakan pada mereka dan minta diajak.

happy wheels

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *