MENU

by • September 20, 2017 • catatan Perjalan, CommunityComments (0)126

Donasi Flashdisk Untuk Pendidikan, Kita Bisa!

Nah, ini ada program kerjasama antara Akademi Berbagi ( Tempat saya memilih beraktifitas volunteer) dan IniBudi (ini  nama organisasi volunteering juga) Bertepatan dengan 7 tahun Akademi Berbagi sekaligus merayakan kemerdekaan RI, mereka berdua berafiliasi dan berinisiatif untuk mengumpulkan 1945 flash disk dan mereka menamakan gerakan itu #1945BerbagiBerbudi. Untuk apa?

Ini ada cerita dari Founder Akademi Berbagi, Mbak Ainun yang saya kutip dari laman Press Release Akademi Berbagi tentang gerakan #1945BerbagiBerbudi, simak deh :

“Suatu hari ada telepon masuk dari seorang teman baik, dan ternyata dia mau curhat. Kemudian mengalirlah tanpa bisa ditahan dan membuat saya terhenyak. Dia bercerita tentang seorang anak magang di kantornya, siswa SMK Informatika, rangking 3 terbaik tidak bisa membuka email. Yang lebih parahnya lagi, ketika diminta membuat tulisan hasilnya tidak bisa dibaca. Bisa dibaca sebagai kata per kata tetapi tanpa makna sama sekali. Tidak ada titik koma, tanpa huruf besar sudah pasti dan campur aduk antara bahasa Indonesia dengan bahasa daerah. Sama sekali tidak tahu apa maksud dari tulisan tersebut. Ketika anak magang tersebut diminta membaca dan menerangkan apa maksud tulisannya, dia pun tidak paham. Cerita yang membuat kepala saya terus berputar dan susah tidur. Ditambah lagi dalam sebuah pertemuan dengan teman-teman penggerak pendidikan, disampaikan hasil penelitian, banyak siswa dari SD sampai SMA hanya bisa membaca huruf, tidak paham apa yang dibaca. Bahkan ketika diadakan tes kemampuan literasi anak SMA, hasilnya ternyata setara dengan kemampuan anak kelas 4 SD. Kaget? Sedih?

Dunia pendidikan yang selalu menjadi “tumpuan kesalahan” atas segala karut-marut yang terjadi di negeri ini dan tentunya idiom “Sekolah dimana sih? Ga pernah Makan bangku Sekolah? Sekolah masih bego aja”. 
Pemerintah adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas nasib pendidikan di negeri ini. Tetapi dengan segala beban permasalahan, tidak mungkin hanya pemerintah yang dimintai pertanggungjawaban.

Inibudi sebuah gerakan pembuat konten materi sekolah berbasis video interaktif memiliki banyak materi pendidikan dari tingkat SD hingga SMA. Sungguh sangat disayangkan, jika materi itu tidak disebarkan dibanyak sekolah. Untuk itu, dengan mengadakan 1945 flashdisk berisi materi pengajaran Inibudi yang akan dibagikan secara gratis, kami berharap bisa membantu sekolah untuk mendapatkan materi pengajaran yang berkualitas dan memudahkan baik guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar.

Kegiatan ini tidak mungkin berjalan sendirian, butuh banyak orang, banyak pihak untuk terlibat dan membantu agar tercapai jumlah 1945 Flashdisk sehingga semakin banyak sekolah yang bisa mendapatkannya.

Caranya gimana? Gampang! Ada dua cara :

  1. Sumbang flashdisk 32G atau minimal 16G dan kirim ke kantor Inibudi : Teras Sebelas, Jalan Jeruk Purut no. 11 Cilandak Timur Jakarta Selatan 12560. Telp : 021-78836417
    Atau drop di kelas-kelas Akademi Berbagi di kota mana pun yang kamu ikuti (atau cek di website kontak para koordinator www.akademiberbagi/akber1945 )
  2. Mau yang lebih gampang? Bisa! Tinggal kirim donasi uang melalui
    www.kitabisa.com/berbagiberbudi1945

Bersama-sama kita bisa melakukan perubahan nyata secara cepat. Untuk itu ditunggu kontribusinya agar inisiasi gerakan mulia ini sukses. Buruan gih, ajakin temen atau mungkin bos-bos kamu di kantor yang abis bagi deviden terus pengen nyisihin dikit gitu buat sumbangin arahin kesini ya?

Terima kasih sedulur bloggerian

 

happy wheels

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *