MENU

by • August 5, 2014 • IT Service ManagementComments (0)265

Front Liner’s Courtesy [2]

Melanjutkan Seri pertama Front Liners courtesy, pada bagian ini kita akan membagi mengenai basic seorang front liner dan apa saja sih yang harus dimiliki dan kita bangun untuk menjadikan diri kita seorang pribadi yang menyenangkan.

Ilustrasi seorang penyedia jasa pngayuh becak dipelabuhan dumai saya ambil karena hal itu untuk menjadi tolak ukur personality akan masuk kedalam syarat penyedia jasa baik itu perorangan ataupun secara perusahaan.

Slide2

Secara Basic tidak jauh berbeda dengan seri pertama namun akan kita kombinasikan dengan apa asaja sih added value yang harus kita persiapkan dalam menunjang kapasitas kita semakin meningkat atau terjaga dalam performance yang diatas rata-rata disamping implementasi dari seri pertama adalah “seorang front liner harus terlihat profesional dan bagaimana terlihat profesional sudah kita bahas sebelumnya”

  • Good Will / Heart
    Bekerja dengan hati masih menjadi hal mutlak karena kita akan berhadapan dengan keinginan dilayani seorang customer dan menenangkan mereka dengan permasalahan yang mereka laporkan kepada kita. Kita adalah harapan solusi atas permasalahan dan kebutuhan mereka, sehingga jangan menjadikan kita sebagai penambah masalah dengan kita melayaninya tidak menggunakan hati dan niat baik.
  • Internal and External Communication Skills
    Mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik ke internal tim dan keluar (kepada customer), karena sering kita telah membuat pencitraan atas diri kita yang menawan dan terlihat profesional didepan customer namun kita melakukanya dengan buruk kepada tim internal kita sehingga message yang ingin disampaikan untuk menunjang solusi yang dibutuhkan oleh customer akhirnya tidak terkomunikasikan dan terbengkalai dengan suksesnya, Kondisi ini pun kadang berlaku sebalikanya dimana kita sudah mempersiapkan semua internal dengan baik dan komunikasi yang buruk keluar akhirnya membuat semuanya berantakan dan tanpa hasil.
  • Personal Social Knowledge
    Mengetahui isu sosial yang sedang happening dan menjadi bahasan publik adalah ice breaker yang paling bagus untuk memecah kekakuan serta memulai sebuah percakapan atau mood booster baik secara internal dan eksternal. Jangan sampai menjadi generasi KUDET (Kurang Update) dan menjadikan kita pribadu yang terlihat so old dalam sebuah interaksi.
  • Strong And Open Mind
    Selalu menjadi pribadi terbuka akan meletakkan pondasi yang kuat menjadi seorang pendengar yang baik, pada dasarnya kita harus lebih banyak mendengar ketika memutuskan untuk menjadi seorang front Liner. Karena yang kita butuhkan adalah informasi sebanyak-banyaknya tanpa harus menjadi seorang interviewer dalam sebuah interaksi. Good Listener yang Strong akan mempercepat dalam kita mengarahkan lawan interaksi kita ke sebuah alternatif-alternatif solusi.
  • Sensitive and Responsive
    Menjadi pribadi yang tanggap akan apapun situasi baik itu diminta atau tidak serta mempunyai kemampuan membaca alur pikiran dengan melihat sekitar. sehingga kita dapat memenuhi ekspektasi serta melakukan intersepsi terhadap apa yang akan calon customer butuhkan. Akan menyenangkan bukan jika kita seorang customer diberikan respon cepat atas apapun bentuk masalah ataupun permintaan serta kita bisa tahu apa kebutuhan mereka setelah kita penuhi permintaan pertamanya. They Will Love You and Always Missing You
  • Self Confidence
    Percaya diri dapat diartikan sebagai kita yakin akan apa yang kita miliki dan menguasai materi serta hal terpenting kita tidak merasa apriori dengan lawan bicara kita apapun level yang kita hadapi. Hal ini akan sangat penting dikarenakan ketika menjadi seorang front liner artinya kita mewakili sebuah entitas atau sedang “menjual diri kita” kepada orang yang memang kita tuju untuk dapat bersinergi dan bekerja sama yang menguntungkan.

 Kesalahan Yang Kita Buat akan Berdampak kepada Perusahaan dan Kredibilitas Personal Kita

Untuk Memperkuat point-point diatas beberapa hal ini perlu kita lakukan dan menjadi bagian gaya hidup kita :

  • Researching
    Terus melakukan eksplorasi dan research yang dengan istilah sekarang “keep googling” mengenai apapun yang menjadi bahan bisnis yang sedang kita jalankan. Serta juga terus mencari pengetahuan tentang apapun yang sudah kita tidak bisa pecahkan ketika melakukan interaksi dan akan memberikan jawaban saat interaksi selanjutnya. hal tersebut dapat membuat kita terlihat seperti manusia biasa dengan keterbatasanya namun tidak mencoba menjadi manusia superior yang seakan tahu semuanya namun hanya lip service Ingat bahwa customer kita tidak semuanya mempunya knowledge dibawah kita karena bisa jadi mereka lebih pintar dari kita namun tidak punya waktu untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan butuh bantuan kita untuk assistance. Keep Googling and Update!
  • Fluent In English
    Kemampuan bahasa inggris dalam percakapan langsung atau via telepon serta writing korespondensi mutlak dimiliki dan selalu ditingkatkan. Hal ini kita tidak perlu jelaskan lebih lanjut sudah akan menangkap kenapa kita perlu poin ini.
  • Always “Look” Great
    Appearance adalah hal basic ketertarikan lawan interaksi dan hal ini harus kita jaga agar selalu”terlihat” menyenangkan baik melalui apa yang kita pakai atau energi yang kita keluarkan. Selalu Jaga penampilan kita menarik dan Hebat sebagai seorang profesinal, Nyamankan diri kita!!
  • Always Prepare For The X Factor
    Semua teori dan langkah preventif yang akan kita lakukan akan selalu ada hal yang tidak terduga, untuk itu kita harus selalu persiapkan dengan meminimalkan menjadi faktor yang sangat tidak terduga dan diluar prediksi. Kita bisa memprediksi deviasi dari ekspektasi dan perencanaan, hal tersebut yang kita namakan mitigasi dan solusi alternatif. “Be creative and you will enggaged with X factor Peacefully”

Untuk series berikutnya kita akan masuk kedalam profesional phone conversation, untuk yang mempunyai opini please leave your message in comment box.

happy wheels

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *