MENU

by • August 17, 2014 • CommunityComments (0)236

#INDONESIA, Dari Pekanbaru Untuk Indonesia

Dari Pekanbaru untuk INDONESIA, Konsep tersebut yang membidani lahirnya single Karya Kolaborasi pertama untuk sebuah definisi “DAMAI” , #INDONESIA.
#INDONESIA mengajarkan banyak hal dari proses 3 hari itu, bahwa untuk bisa mencapai kata DAMAI itu harus dimulai dalam skala kecil dahulu, yaitu lingkar hidup terdekat kita masing2, dan kami sudah melakukannya dari Pekanbaru Untuk INDONESIA.
Sudah kah anda berdamai dengan lingkungan anda?
indonesia2

Catatan Kecil dibalik #INDONESIA

“Bang lu dimana?” si kupret itu msg gua malem2….
“Ngapah?” gua jawab….
“Gua bikin lagu nih, balik ke basecamp kaga?
“Iye, ntaran gua balik basecamp”

Itu dah awalnya, gitu nyampe basecamp Detoxine, ternyata itu lagu udah di rekam pake handphone yang isinya genjreng2an gitar ama vokal seadanya. Wah ada yang lagi horny banget nih kayanya, ampe segitu ga sabar nya…ok, mari kita liat.

Gua dengerin dah ntu rekaman genjreng2, lagunya simple, punya nada yang “ear catching”, dan membahas tentang damai2an…hmmm…
gua sautin aja, “Ngapah lu? Gedeg ama timeline fb lagi?”….
“Iya bang, pada berantem mulu, yang di berantemin ntah bener apa kaga beritanya…neg gua”

And akhirnya malem itu kami ngabisin waktu beberapa jam untuk menyamakan pemikiran tentang konteks damai sambil nyempurnain beberapa lirik nya. Nah, gitu kelar and di cobain pake keyboard, kok rasanya materi ini cocoknya di bawain dengan drum ya, bukan looping komputer yang biasa kami lakuin….nah mulai dah kepikiran buat kontak anak2 musik lainnya, sapa tau pada lagi kaga repot and mau join, mestinya bisa lebih keren jadi…kali ya…au juga. Hanya aja tricky partnya adalah gimana caranya lagu ini bisa di launching via socmed sebelum keputusan KPU tgl 22 juli maren, biar meaningnya mungkin bisa lebih dapet….setidaknya itu yang kami pikiran saat itu, moment nya bisa pas.

indonesiaGua mulai colek anak2 Gubuk Jazz , ama beberapa personel Riau Rhythm Chambers Indonesia, ama temen2 di babbe buat ngebantu empistudio di dokumentasi, dan salah satu master mixing and mastering di pekanbaru…eh di colek kok nyaut,…akhirnya kemis maren kumpul bahas, and jumat nya start recording, secara lagunya aja mereka kaga pada tau…tapi hajar bleh…

Maksimalin alat recording yang ada, yang penting bisa ngasilin sound production yang lumayan, minjem sana sini (untung banyak temen…hihihihi), lagu kaga tau (atau bahasanya anak2, soul nya blon dapet), mana jatah recording nya cuma bisa dari jam 8 malem keatas secara pada gawe pan, tapi karena semua tau tujuannya and udah pada niat buat ngelarin ini bareng2, jadi ya…jalan aja…ketambahan juga pada jago2 sih…jadi cepet aja mau diapain ntu lagu…:)

Dihari terakhir recording, gua baru sadar sesuatu….di awal niatnya untuk ngejadiin ini lagu dan clip adalah untuk nyampein ke dunia maya kalo kami (Pekanbaru) ingin menyampaikan pesan berdamai melalui musik.

Tapi ternyata, 3 hari proses recording dengan segala hambatan dan keterbatasannya, gua ama anak2 menempuh sebuah proses berdamai itu sendiri, gimana ga coba….masing2 punya referensi musik yang berbeda, ada yang funk, blues, jazz and culture. Blon lagi waktu nya yang mefetdotcom, tapi ternyata saat proses ini berjalan masing2 mampu memunculkan ego musik nya pada porsi yang sesuai tanpa harus diatur2…bukan maen…

Kami belajar banyak dari proses 3 hari itu, bahwa untuk bisa mencapai kata DAMAI itu harus dimulai dalam skala kecil dahulu, yaitu lingkar hidup terdekat kita masing2, dan kami sudah melakukannya :)
Sudah kah anda berdamai dengan lingkungan anda? Salam #INDONESIA

From Pekanbaru, For Indonesia

#INDONESIA
Buat apa saling mencerca
Sesungguhnya kita ini saudara
Buat apa saling mencaci
Seharusnya kita saling mengerti

Kita harus salling menatap
Karna beda itu bukan alasan
Ungkapkanlah sgala gundah mu
Saat itu aku akan mengerti

Perbedaan terjadi, bagian terindah dalam hidup ini
Reff :
Lembut putihmu melindungi
Semangat merahmu saling menghargai
Indonesia Tanah air kita
Jaga dengan bangga dan lapang dada

Alangkah indahnya
Bila kita duduk bersama tertawa bercengkrama

Tanpa ada dusta, tanpa ada lara, tanpa ada luka
diantara kita
*back to reff

Notes by : Roni Azhar

Original Source : Pekanwak.Com

happy wheels

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *