MENU

by • August 30, 2017 • catatan Perjalan, Community, OpiniComments (1)114

Komedi Putar – Tanpa Jendela, Menuju Kembang Setaman

Selamat Komedi Putar,

Akhirnya rilis Single plus Video Musik di launching Tanggal 21 Agustus 2017 di Sop Duren Duren, Pekanbaru. Tempat rilis yang cocok banget karena itu sudah menjadi basecamp saya bermusik setiap jenuh plus ada kenangan yang tertinggal disitu ( Apa kabar si merah ya?), Bingung kan? Yang punya tempat emang Musicholic banget.

Saya mengenal komedi putar pertama mendengar sih langsung asyik aja catchy dan baru sempat menyaksikan mereka main kalo ga salah 2 kali selama di Pekanbaru tapi kalo nongkrong satu meja kayaknya sering banget ( sepertinya mereka tidak tahu itu saya, #sokmisterius).

Dari Rekanada.com saya membaca profile mereka dengan mengambil nama Komedi Putar, ada harapan lagu dan perjalanan karir mereka bisa dinamis dan tidak stagnan. Unit Indie-Pop Folk dari Pekanbaru ini muncul di tengah musik Pekanbaru yang sedang butuh penyegaran. Lahir di tahun 2015, Eka, Widi, Devi, Dede dan Refi adalah teman satu kampus. Saat ini, Komedi Putar mantap untuk jalan berdua saja sejak ditinggal Widi – Pemain Gitar nya sejak 2 bulan yang lalu.

Menurut mereka, Tanpa Jendela adalah lagu yang sudah sering dinyanyikan Komedi Putar di beberapa show mereka sejak setahun yang lalu, namun baru kali ini akhirnya resmi rilis dan dibuat Video Music nya. Lagu yang mengambil tema *kematian*. Bukan tentang kematian itu, tapi ini cerita kenangan seorang yang sudah meninggal tentang
apa saja yang pernah dia kerjakan selama hidup. Ada kebaikan, juga ada keburukan.

Single Tanpa Jendela ini adalah single yang pernah diminta oleh kawan-kawan saya di Riau Rhythm Chambers Indonesia saat memperingati Setahun Kepergian Percussionist hebat kami, Bayu Ceisar. Ini single yang dia sukai dan cocok sekali temanya bukan? (jadi emosinal gini nulisnya). Thanks sudah pernah memainkan single ini di acara itu.

Telinga saya sedang sangat akrab hampir 3 bulan terakhir dengan single-single indie yang menjadi highlight banget di Jagat permusikan indie.  Saya mendengarkan 3 Single mereka, Batavia Nostalgia, Imaji dan Tanpa jendela. Saya juga sedang mendengar dengan teliti single payung teduh Remake ” Cerita Tentang Gunung Dan Laut”. Mungkin temen-temen juga sudah tahu bedanya yang sangat signifikan antara versi asli dan remakenya. Ada nada-nada ganjil dalam eksplorasi orkestrasi sederhana dan entah kenapa terompet jadi seksi untuk dieskplore group indie sekarang selain biola dan flute tentunya.

Eka di Tanpa Jendela mencoba menulis dengan diksi yang menjadi “nyawa” musik indie masa kini yang penuh dengan eksplorasi kata-kata baru. Secara musikalitas juga memasukkan unsur wajib indie menurut saya dengan Nada Senar bunyi ganjil plus tarikan Devi yang memang punya kualitas urusan suara tak perlu diragukan lagi. Untuk pengerjaan lagu, Komedi Putar dibantu *Bebob Studio* untuk proses rekaman, dan *Jimmy Troya* untuk proses Mixing dan Mastering lagu.

Video Music yang dirilis bersamaan dengan single menjadi sangat familiar karena Modelnya adalah Bro Ryan yang sampai sekarang gue panggil ” Chief Ryan, Brother of COREP SQUAD” plus temen nge-band juga kalo urusan nge-punk lagu-lagu cherrybelle atau Endank Soekamti. Membaca “Langit Sore” berada di belakang kamera makin yakin kalo video ini digarap oleh orang yang tepat, saya tahu 2 temen-temen dibelakang “Langit Sore” dan kualitasnya yang memakan proses pengerjaan dikerjakan dalam waktu 1 bulan.

Menulis tentang Komedi Putar dan bagaimana sebuah karya ini tersaji tidak lebih seperti mengapresiasi teman-teman dekat saya yang bekerja dengan sepenuh hati mendukung Talent dari Pekanbaru untuk tampil. Jangan sia-siakan dukungan luar biasa mereka untuk kalian wahai KOMEDI PUTAR, Saya masih menunggu akan ada kejeniusan instrumen dan nada melayu yang menjadi disrupsi musik Indie Folk yang bakal lahir dari single kalian. Kabarkan saya saat Album kalian siap dibeli, saya beli dan Kirimkan ke Jakarta!

Salam untuk kawan-kawan di Pekanbaru

Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=BrtOy89m2mw
Link Free Download : https://soundcloud.com/komediputar/tanpa-jendela
Instagram : @komediputarmusic

happy wheels

Related Posts

One Response to Komedi Putar – Tanpa Jendela, Menuju Kembang Setaman

  1. Bujanglapoek says:

    Hidup COREP!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *