MENU

by • December 18, 2015 • Project ManagementComments (0)340

Menganalisa dengan SWOT

Metode analisis dasar menggunakan SWOT akan bermanfaat untuk melihat sebuah topik ataupun permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Keren bukan kita langsung menganalisa dari 4 sudut pandang sekaligus. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman.

Jika digunakan dengan benar, analisis SWOT akan membantu untuk melihat sektor yang terlewatkan atau tidak terlihat karena beberapa hal penyebabnya. SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi.

Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalkan kelemahan yang terdapat dalam sebuah perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.

Apa saja sih SWOT itu?

  • Strenght (S) adalah analisa¬† kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan .¬† Setiap organisasi atau perusahaan perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya.
    Contoh Misalnya Sebuah Toko Online unggul di dalam teknologi menghandle Operasional mereka, maka keunggulan itu akan menjadi Strong point dalam menyasar segmen pasar yang menggunakan teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
  • Weaknesses (W) adalah analisa kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan suatu organisasi atau perusahaan . Merupakan metode menganalisa kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala serius dalam kemajuan sebuah perusahaan atau organisasi.
  • Opportunity (O) adalah analisa peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini digunakan untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan terjadinya perkembangan di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
  • Threats (T) adalah analisis ancaman, cara menganalisa tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh sebuah perusahaan atau organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan yang dapat menyebabkan kemunduran. Harus Segera diatas atau akan menjadi faktor penghambat perkembangan sekarang ataupun masa depan .

Semoga bermanfaat untuk para pengunjung yang sedang berada dalam sebuah kebingungan untuk memecahkan masalah ataupun yang stagnan dalam sebuah kondisi dan tidak tahu bagaimana melakukan sebuah kajian atas kondisi tersebut.

happy wheels

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *