MENU

by • March 11, 2016 • OpiniComments (0)245

Networking – Keharusan di Era Keterbukaan

Networking, Kata satu itu menjadi sebuah agenda yang selalu muncul dalam sebuah aktifitas komersil ataupun sosial. Menjalin hubungan dan komunikasi dengan baik antar pihak dan kemudian berlanjut kepada tumbuhnya kepercayaan atas impresi yang diberikan.

Blunder sering dilakukan saat networking menjadi pamrih atas sebuah proses parasitisme oportunis dalam menjalin hubungan dan komunikasi, sehingga disaat tertentu komunikasi dan hubungan yang sering dibahasakan “oiya aman tuh, dia kawan aku/ ikut apa kataku” menjadi label harga atas networking yang mungkin baru kabelnya saja yang terbentang.

Jika sudah dalam pertemanan, orang jawa bilang kita sudah tidak diorangkan tapi lebih banyak “dimanfaatkan” maka networking jangan sampai terputus, tetap jaga namun dengan batasan. Gimana Caranya? Jawab Santun kepadanya

Kawan, pertemanan ini terlalu asik kalo harus kita lanjutkan kearah bisnis atau sesuatu yang menghasilkan. Biarlah cukup begini saja, ketemu ngobrol cerita dan ngopi karena untuk Teman Kerja dan Rekan Bisnis aku sudah menemukan itu.

networkingJangan salah menilai orang apalagi sampai salah kira networkingya. Bisa tahunan buat mutusin main keluar rumah karena Malu udah ngecilin orang. Hal tersebut beneran banyak terjadi lho di era keterbukaan seperti abad tersendiri manusia yang seakan-akan adalah percepatan menuju ERA KIAMAT. Pendapat orang bisa kita baca dengan cepat dan menyebar dari yang berada di level baru belajar make social media sampai pakar komunikasi dan ahli kelilmuan cepat kita dapatkan.

Social media mengajarkan kita menjadi pribadi penyelidik dan penyaring atas sosok seorang yang tiba-tiba muncul, disadari atau tidak kecakapan kita menggunakan social media juga menjadi sebuah modal tersendiri menjadi pribadi yang aware akan sekuritas diri kita. Kita bisa tahu, orang tersebut siapa saja lingkungan terdekatnya, kemudian setelah kita berteman kita akan mudah mengetahui informasi data diri dan keseharianya (kalo dia sering update malah makin mudah). Teknologi saat ini telah mampu memfasilitasi cara kita ber-NETWORKING alias menjalin jejaring terhadap satu sama lain.

Namun sekali lagi, Teknologi adalah sebuah alat untuk mempercepat proses inisiasi pembangunan Networking yang nantinya akan menjadikan OFFLINE ( KOPDAR) menjadi lebih tajam dalam proses mengenali dan berinteraksi. Namun ada poin penting juga yang harus kita jaga, yaitu OFFLINE ( Silaturahmi) bermanusia sekarang apapun impresinya akan lebih mudah diangkat ke Dunia ONLINE dimana disitu adalah Sebuah pusaran besar yang dapat memberikan pengaruh besar atas penilaian pribadi kita.

Selamat Ber-Networking a.k.a Hablumminannaas, Biasakan Berteman biar ga jadi temenan tapi biasa ujungnya.

happy wheels

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *