MENU

by • April 27, 2015 • OpiniComments (0)350

Perlukah, Management Conflict?

Aku mengenal istilah “Conflict Management” itu kalo ngga salah sih waktu kuliah. Lebih tepatnya setelah ospek dan mulai menjadi panitia ospek. Emang agak aneh sik masa conflict ada managementnya. Kalo menurut penerjemahanku sih pada waktu itu “Conflict Management” itu bagaimana kita mengatur sebuah skenario memunculkan karakter asli dari dua pihak atau lebih untuk kemudian ditemukan irisanya dalam bentuk emosional perlawanan dan kemudian dileburkan dalam sebuah titik kulminasi pendinginan emosi dan didapatkan satu hasil instan bernama Kekompakan.

Panjang banget ya menerjemahkan arti dari dua kata itu? itulah penerjemahan dari sudut pandangku. Conflict Management ini menurutku sih dalam pelaksanaanya tidak banyak yang mengerti akan esensi kenapa hal tersebut digunakan. Tak jarang hal itu menjadi sebuah skenario drama yang membosankan dan memuakkan tentunya jika kita tahu. boxesMenjaga semangat, memunculkan semangat tak pernah padam untuk sebuah kompetisi yang sehat dan sportif tentunya. Karena Management conflict itu sendiri tidak ada niat negatif didalamnya. Menurutku Management Conflict bukan diartikan sebagai tindakan adu domba dan pemecahan kekuatan yang utuh menjadi beberapa entitas karena pada dasarnya kekuatan yang satu suara itu sangat susah untuk dikalahkan atau dipatahkan, bisa jadi itu akan menjadi sebuah kebenaran baru meskipun berangkat dari sebuah kesalahan.

Para pelaku negeri ini menerapkan hal itu sepertinya, tapi entahlah kalo dari sudut pandang mata awam ini. Kekuatan oposisi yang berkembang dan para kelompok ekstrimis yang muncul sekarang ini memang terasa mereka menebarkan hawa negatif. Tapi caranya menurutku mudah kok melihat apakah ini sebuah skenario atau tidak dapat kita lihat dari keseharian mereka apakah memang mengerjakan hal positif dalam artian terus berkarya ataukah mereka memang tidak melakukan apapun kecuali berteriak negatif.

Saat Management Conflict ditangan mereka yang salah arti atau salah mengartikan maka bisa kita pastikan yang terjadi adalah politik adu domba yang hanya akan menjadi ajang peperangan tanpa batas sampai batas “YOU or ME!!”. Ini adalah pengingat bagi kita semua kawan, bagi kita yang mempunyai kesempatan untuk “Bermain Catur”, Dont use those two words if You dont know what it supposed to used.

happy wheels

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *