MENU

by • October 19, 2014 • ICTComments (0)287

Social Media for Social Life?

Anekdot dari kehadiran social media dan internet yang akrab kita dengar antara lain ” Teknologi ini Mendekatkan Yang Jauh namun Menjauhkan Yang Dekat”. Agaknya scene ini dapat kita temui dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari baik itu  langsung disekitar kita maupun melalui iklan di televisi.

Internet-Users-di-Indonesia-Jumlah-Pengguna-FacebookSosmedtoday.com merilis informasi 38jutaan pengguna internet di indonesia dan dengan berbagai macam penetrasinya pada aplikasi yang digunakan hal tersebut patut menjadi perhatian kita bersama untuk beberapa hal yang masih didominasi oleh kota-kota besar. Social media adalah sarana berbagi yang mempunyai range kecepatan informasi cukup signifikan dalam hal update informasi dan kecepatan rumor yang selama ini dan masih pada era televisi dan radio semakin berkurang untuk para penikmat berita.

Televisi dan Radio memiliki sarana untuk dapat menjadi penyampai berita yang mempunyai pelanggan atau pengguna paling besar dibandingkan dunia social media, tapi seiring dengan makin banyaknya channel dan juga jenis hiburan yang ditawarkan patut kita juga berfikir seberapa banyak para pengikut acara berita saat hiburan artis-artis dan konser musik serta sinetron juga diberikan porsi lebih pada jam-jam prime time.

Kembali ke social media sebagai media alternatif yang telah berubah menjadi salah satu media referensi utama seharusnya bisa lebih maksimal dalam menghubungkan yang jauh terpisah dan semakin cepat terjangkau dengan perkembangan dunia. Masih kita ingat dulu ketika jaman wartel kita rela mengantri dan bertegur sapa melalui jaringan interlokal untuk sekedar menelpon orang tua kita atau pacar yang terpisah jarak. Dengan teknologi selular pun hal tersebut menjadi lebih mudah lagi serta teknologi social media juga dengan improvisasinya memungkinkan kita sesering apapun tanpa kuatir kantong jebol bisa bertatap muka dengan mereka yang jauh melalui video call atau berbagi moment kapanpun sehingga selalu terasa dekat.

Begitu mulia sebenarnya tujuan dari teknologi namun sepertinya tujuan untuk meningkatkan social life itu menjadi hal sebaliknya karena kita merasa bahwa kehidupan tersebut terpisah dan begitu banyak border dan rules untuk mengakses kehidupan kita disocial media. Tidak sedikit kasus yang menjadikan seteru atau pun kontraproduktif dengan adanya social media kemudian menjadikan orang tersebut antisocial padahal sebelumnya mereka dikenal menyenangkan disocial lifenya.

Social media for Social Life? sudah seharusnya hal tersebut kita gabungkan dengan melepas border ketika kita menjadi penggunanya. Karena batas itu hanya ada di dunia nyata dengan jarak dan disocial media hal itu yang dikikis. Mari menjadi generasi yang tidak kontra produktif karena social media telah menjadi hal primary dalam kehidupan modern era internet.

Have a nice social life with your social media

happy wheels

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *